Pengalaman Mencairkan Cek Amazon kebank Lokal

Pengalaman Mencairkan Cek Amazon ke bank lokal ini merupakan pengalaman teman blogger saya semoga menjadi masukan buat teman-teman blogger se tanah air yang ingin mencoba mencairkan cek amazonenya ke bank lokal di kota anda.

Berikut ceritanya:
Hari Sabtu lalu, tanggal 5 November akhirnya cek yang dinanti tiba via Pos Indonesia. Berhubung haru Sabtu maka rencana berkeliling bank harus ditunda. Hari Senin jadwal juga masih cukup padat, akhirnya hari Selasa baru bisa dieksekusi.

Pukul 07.00 pagi sudah berangkat dari rumah, mampir ke SPBU lanjut sarapan pagi di salah satu warung soto yang populer di kota saya. Setelah kebutuhan tanki dan perut terpenuhi, dimulailah petualangan hari itu.

Bank BRI
Tujuan pertama adalah Bank BRI, kenapa BRI? Karena menurut penuturan beberapa teman di forum ini, forum lain maupun di blog masing-masing BRI mengenakan biaya paling rendah.

Pukul 07.40-an setelah masuk ke bank dan mendapat nomor urut 3 untuk antrian di CS ternyata masih harus menuggu. Meski sudah banyak nasabah dan karyawan nampaknya sudah siap namun belum beroperasi juga.

Akhirnya pukul 08.10 kantor BRI mulai tampak beroperasi dan beberapa saat kemudian nomor giliran saya bertemu CS yang melayani dengan ramah dan ehm..ehm...cantik....

Setelah dijelaskan dan ditunjukkan cek dari Amazon tersebut akhirnya CS meminta maaf karena BRI belum bisa menerima pencairan cek mata uang asing yang tidak tertera nominal rupiah di atas cek tersebut.

Walau sedikit bingung dengan penjelasan plus kurang yakin karena banyak teman di kota lain yang sudah berkali-kali mencairkan via BRI, akhirnya saya sudahi saja demi menghemat waktu.

Bank BII
Tujuan berikutnya adalah BII yang hanya berjarak beberapa meter dari kantor BRI. Tidak banyak antrian di bank ini dibanding BRI. Meski tidak antri namun tetap harus menunggu karena CS-nya hanya satu dan sedang melayani nasabah. Setelah menunggu beberapa menit akhirnya giliran saya. Dibanding BRI, CS BII tidak terlalu ramah tapi tidak jutek juga... standarlah...

Ketika menanyakan bisa tidaknya mencairkan cek dari luar negeri, dari perubahan raut wajah si CS saya sudah bisa menduga tidak bisa (atau tidak mau?).
CS lalu bertanya ini untuk personal atau korporat? Saya bilang personal. Lalu dia bilang kalau personal tidak bisa, kalaupun bisa ya harus sudah punya rekening tabungan di BII minimal setahun dan setidaknya ada dana mengendap sebesar 100 juta...

What?? Pikir saya... 100 juta untuk mencairkan cek yang nilainya kurang lebih hanya 10 juta? Lagian kalimatnya saja ngga nyambung. Katanya tidak bisa tapi ada kelanjutannnya: kalaupun bisa.... jadi bisa apa tidak?
Ah sudahlah, mood saya lagi malas berdebat.... mending cari bank lain saja.

Bank Niaga
Setelah dari BII target berikut ke Bank Niaga, karena berdasar hasil penelusuran saya di internet, rekomendasi teman-teman yang sudah pernah mencairkan cek Amazon memang salah satunya ke Niaga.

Setelah melihat cek kemudian CS tersebut masuk dulu ke dalam mungkin bertanya pada atasan atau apa entahah....
Beberapa saat kemudian dia keluar sambil menjelaskan bahwa biaya untuk pencairan cek ini $10, lama pencairan kurang lebih satu minggu.
Hingga.... tibalah bagian yang ngga enak.... harus punya rekening tabungan Bank Niaga minimal 3 tahun.... ampun deh... masa ini cek harus disimpan di lemari es selama tiga tahun dulu....
Ya sudah, sekali lagi cek amazon harus masuk ke dalam tas sambil mencari bank yang mau menerimanya .

Bank Danamon
Tak jauh dari kantor Bank Niaga ada kantor Bank Danamon, hanya berjarak beberapa bangunan saja. Jadi saya pikir tak ada salahnya coba-coba.
Ini pengalaman pertama saya masuk ke kantor Bank Danamon seumur hidup, dan kemungkinan besar adalah yang terakhir kali.

Kenapa begitu? CS Danamon, setidaknya di sini menurut saya adalah yang terburuk dibanding yang lain. Awalnya dilayani oleh CS yang masih muda (pria) lalu setelah saya jelaskan duduk perkaranya dia masuk ke dalam.
Tak lama kemudian keluarlah CS lain yang lebih tua hanya berkata: "Maaf tidak bisa, ada yang lain?"

Busyeett.... dah ini CS . Langsung saja saya keluar tanpa basa-basi. Eh.... si satpam sama saja ketika membukakan pintu bilang "Terima kasih ADIK, selamat pagi".

Edan kali itu satpam orang dari bentuknya saja kira-kira dia tak beda jauh dari saya. Sudahlah saya berkata pada diri sendiri tak kan pernah lagi aku berkunjung dan berhubungan dengan mu waha Danamon.... pelayanannya buruk, apalagi........ CS-nya bukan cewek pulak.

Bank BCA
Bertahun-tahun menjadi nasabah Bank BCA saya belum pernah mencairkan cek di bank ini (memang belum pernah terima cek )

Memang tidak menjadi pilihan pertama saya karena menurut beberapa teman yang pernah mencairkan cek Amazon, bank BCA mensyaratkan pihak yang mencairkan cek dari luar negeri (mata uang asing) untuk memiliki rekening giro. Tentu saja saya tidak punya, karena itu meski menjadi nasabahnya bertahun-tahun saya tidak datang ke bank ini mula-mula.

Tapi berhubung beberapa bank sudah dicoba dan belum memberi hasil akhirnya dicoba juga.
Sama seperti pengalaman di beberapa bank lain, CS tidak bisa langsung menjawab tapi masuk dulu ke dalam beberapa saat.

Ketika keluar CS BCA menjelaskan bahwa BCA tidak bisa menerima cek Amazon karena belum pernah menerima cek dari Amazon. Pencairan cek dari luar negeri pada dasarnya bisa tapi hanya untuk penerbit yang sudah terdaftar di BCA

Mengecewakan memang, tapi setidaknya CS BCA terbilang ramah jadi secara keseluruhan pengalaman yang diberikan cukup baik meski kecewa cek tidak bisa dicairkan di BCA.

Bank Mandiri
Bank Mandiri adalah pilihan yang paling-paling akhir dari daftar saya, sebab menurut beberapa teman juga biaya pencairannya paling tinggi di antara bank-bank lainnya (sekitar $40 berdasar survei saya).

Berhubung tak ada pilihan lain akhirnya saya berhenti juga di parkiran Bank Mandiri. Sama seperti pengalaman-pengalaman sebelumnya, setelah menunjukkan cek si CS kemudian masuk ke dalam, keluar, bertanya pada beberapa rekan sesama CS dan menelepon.

Selesai menelepon CS Bank Mandiri menjawab bahwa bisa dicairkan di Bank Mandiri dengan biaya $56 plus membuka rekening tabungan Bank Mandiri. Lama waktu pencairan kurang lebih 14 hari kerja.

Biaya $56 besar, dibanding ekspektasi saya sekitar $10-$15 di bank lain......... Tapi berhubung sampai saat ini hanya Mandiri yang bersedia mencairkan, lagipula sudah tak banyak pilihan bank lain di kota ini maka akhirnya saya putuskan mencairkan di Mandiri.

CS dengan ramah melayani proses pembukaan rekening dan pencairan cek sambil menjawab beberapa pertanyaan dan berbasa-basi.
Jadilah pada akhirnya cek Amazon tersebut dicairkan di Bank Mandiri.

Kesimpulan:
Dari pengalaman saya dibandingkan dengan hasil penelusuran via mbah Google berdasar pengalaman beberapa rekan di kota lain saya menarik kesimpulan bahwa setiap bank memiliki perbedaan kebijakan di setiap kota.

Aneh memang rasanya, tapi toh nyatanya demikian. Dan dari beberapa bank yang hari ini saya kunjungi, CS BRI, BCA dan CS Mandiri lah yang menurut saya paling ramah dan kooperatif.

Meski belum lama ini CS Mandiri menelepon saya dan minta maaf karena ada satu blanko yang terlewatkan untuk ditandatangani sehingga saya harus balik lagi ke sana, tapi overall tetap memuaskan.

Bagaimana pengalaman anda mencairkan cek amazone ke bank lokalnya.



Tattoo Images Car Photos Gadget Photos Vacation Photos Fashion Photos